Primacom.com – 20/11/2020

 

 

Bekerja sebagai freelancer kini semakin diincar lantaran fleksibilitas kerja yang maksimal, menjadi bos bagi diri sendiri, dan memiliki kesempatan mengenal dunia luar kerja yang lebih luas. Bukan hanya generasi milenial, namun peluang untuk menjadi entrepreneur merupakan impian bagi sebagian besar orang. Nah, bagaimana dengan #SahabatPrimacom? Berikut ini adalah 4 hal penting yang dapat dipertimbangkan #SahabatPrimacom sebelum memutuskan memasuki dunia freelancer, menurut Kompas.com.

 

 

 

 

1. Sistem Dukungan (Support system)

Bekerja sebagai freelancer membuat kita harus memulai segala sesuatu sendiri dan artinya sangat mungkin kita akan merasa kesepian. Keberadaan jaringan dukungan yang terdiri dari orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat yang dapat mendukung kita selama bekerja menjadi begitu penting. "Bekerja sendirian bisa membuat Anda kesepian, sehingga penting untuk memiliki jaringan dukungan yang terdiri dari orang-orang atau teman-teman yang memiliki waktu luang untuk bertemu dengan Anda selama Anda bekerja," jelas Sarah Hughes, seorang freelancer di industri periklanan.

 

 

2. Pengaturan Keuangan

Mulai dari asuransi, pajak penghasilan, tunjangan, dana pensiun hingga dana darurat, menjadi tanggungan yang perlu kita atur sendiri saat kita bekerja freelance. Kita bertanggung jawab atas pajak penghasilan yang kita dapatkan. Upayakan untuk selalu membayar pajak tepat waktu dan memotong penghasilan kita sebagai pajak. Hal ini memungkinkan kita untuk dapat menabung dalam jumlah yang tepat dan tak terkejut harus menyetorkan pajak saat tahun fiskal berakhir.

 

Tabungan dan investasi yang disisihkan dari penghasilan yang kita dapatkan juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan sedini mungkin supaya saat kesempatan pengembangan datang, kita sudah memiliki modal yang cukup.

 

 

3. Jejaring relasi (Network)

Sebagai freelancer, memiliki jejaring relasi atau network yang luas menjadi krusial. Jika belum memiliki jejaring relasi yang luas, #SahabatPrimacom dapat membangunnya melalui jejaring orang terdekat untuk merekomendasikan kepada rekanan mereka. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan layanan dan mencari informasi terkait keterampilan #SahabatPrimacom. “Sebagai freelancer, reputasi Anda adalah segalanya. Jadi, ketika Anda mulai (bekerja freelance), Anda harus berusaha lebih keras untuk menunjukkan kemampuan dan membangun kredibilitas Anda," terang Hughes.

 

Bergabung dalam komunitas keterampilan freelance kita juga dapat membantu kita mendapatkan “channel” untuk jejaring yang lebih luas yang mungkin membutuhkan layanan dari jasa yang dapat kita tawarkan. Bijak dalam memilih kesempatan yang memiliki potensi terbesar untuk pengembangan keterampilan menjadi fundamental untuk membawa kita selangkah lebih maju menjadi freelancer profesional. 

 

 

4. Motivasi

Menjadi bos, akuntan, dan manajer bagi diri sendiri artinya kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menghadapi deadline (tenggat waktu) dan ekspektasi klien. Penanganan beban kerja dengan baik, deadline, e-mail menumpuk dan kebutuhan untuk menghitung tarif dan pekerjaan baru menjadi tugas yang cukup banyak untuk dikerjakan seorang diri. Oleh karena itu, memiliki motivasi yang kuat dan benar dari awal kita memulai freelance dan terus berkomitmen serta berdedikasi dalam menjalankan pekerjaan ini menjadi sangat penting.

 

Menjadi freelancer profesional menuntut #SahabatPrimacom untuk memiliki disiplin tinggi. Berhasil atau tidak ditentukan oleh usaha kita sendiri dalam mewujudkannya, di tengah semua kebebasan dan fleksibilitas yang kita miliki.

 

 

 

Kemajuan teknologi komunikasi memberikan kemudahan yang dapat membantu #SahabatPrimacom merintis menjadi freelancer baik paruh waktu maupun full-timer. Mulai dari pemanfaatan video call untuk tetap terhubung dengan sistem dukungan kita setiap saat, menggunakan atau berlangganan aplikasi pengaturan keuangan digital, hingga membuat posting-an untuk memasarkan layanan dari keterampilan kita di media sosial. Satu hal yang penting, pastikan jaringan internet #SahabatPrimacom selalu prima,ya! Start believe in yourself, follow your dream and go for it!

 

 

 

Referensi:

Kompas.com: Kamu Freelancer? Simak Tips Ini

Kompas.com: Sebelum Bekerja “Freelance”, Pertimbangkan 4 Hal ini Dulu