Seperti Apa Data Center yang Ideal? Simak 4 Tips Berikut!

Data merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Di era industri 4.0 seperti sekarang, data berperan signifikan bagi operasional bisnis, khususnya yang berskala besar seperti bidang keuangan, pertambangan, minyak dan gas, serta perkebunan.

Kendati demikian, tidak semua perusahaan memiliki infrastruktur IT yang mumpuni untuk menyimpan, mengelola, dan menjamin keamanan data. Di tengah keterbatasan tersebut, layanan data center dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sumber ilustrasi: freepik.com

Data center adalah fasilitas untuk menempatkan perangkat dan sistem komputer yang telah dilengkapi dengan server penyimpanan data berukuran raksasa. Data center memungkinkan perusahaan penggunanya untuk mengatur, menyimpan, dan memproses data dari kantornya masing-masing karena terhubung dengan internet berkecepatan tinggi.

Pada umumnya, data center dilengkapi dengan ratusan bahkan ribuan server yang telah ditata rapi pada rak-rak khusus, lengkap dengan pendingin, sistem keamanan, dan sistem catu daya (power supply). Fasilitas data center menjadi jawaban bagi perusahaan yang tidak memiliki ruang khusus untuk menyimpan data secara profesional.

Dengan memanfaatkan layanan data center, pemilik bisnis dapat berfokus pada pertumbuhan bisnisnya serta memperoleh efisiensi dan berbagai kemudahan dengan memercayakan pengelolaan data di data center yang andal. Selain itu, yang terpenting adalah data center membantu memaksimalkan performa bisnis agar menjadi lebih prima.

Dari beberapa data center yang ada di Indonesia, data center seperti apa yang paling ideal? Berikut adalah 4 hal yang dapat #SahabatPrimacom pertimbangkan sebelum memutuskan data center mana yang akan digunakan.

 
1. Keamanan Data

Pilihlah layanan data center yang menjamin keamanan data pelanggannya. Hal tersebut dapat terlihat melalui sertifikasi yang diperoleh, misalnya seperti sertifikasi internasional ISO 27001 tentang Information Security Management. Selain itu, bagi #SahabatPrimacom yang bergerak di industri perbankan, pastikan pula data center yang dipilih sudah tersertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

 
2. Daya Cadangan

Data center dengan fasilitas yang baik seharusnya memiliki sistem power supply yang andal. Artinya, apabila sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, data center punya daya listrik cadangan sampai genset berfungsi. Hal ini bertujuan agar data center tidak mati total dan mengganggu operasional bisnis pelanggan.

 
3. SDM Profesional

Sumber daya manusia yang cepat tanggap akan kebutuhan pelanggannya adalah poin yang harus digarisbawahi sebelum memilih layanan data center. Pastikan data center beroperasi 24/7, memiliki call center yang sigap, serta didukung dengan engineer yang tersertifikasi.

 
4. Mekanisme Gawat Darurat

Selain ketiga hal di atas, penting bagi #SahabatPrimacom untuk mengetahui mekanisme data center terkait kondisi gawat darurat. Pilihlah data center yang memiliki sistem pendeteksi api dan penanganan kebakaran yang responsif. Selain itu, sistem pendingin yang optimal juga harus menjadi perhatian.

Data center yang disediakan oleh Primacom dapat menjadi pilihan yang ideal karena memenuhi keempat poin di atas. Primacom Data Center merupakan the first commercial data center di Indonesia yang telah tersertifikasi Rated-3 untuk Constructed Facilities and Design serta sertifikasi ISO 27001 tentang Information Security Management dan sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

Primacom Data Center beroperasi dengan sistem energi utama dan dilengkapi dengan sistem energi cadangan yang prima sehingga dapat mengantisipasi gangguan listrik tak terduga.

Selain itu, engineer dan manajemen di Primacom Data Center telah tersertifikasi CDCP (Certified Data Center Professional), CDCS (Certified Data Center Specialist), dan CDFOM (Certified Data Center Facilities Operation Manager). Dengan demikian, Primacom Data Center dapat menjamin layanan yang profesional.

Yang tidak kalah penting, Primacom Data Center didukung dengan mekanisme pendeteksi api yang sangat sensitif, mekanisme penanganan kebakaran dini, dan sistem pendinginan yang sesuai standar. Di luar itu semua, Primacom Data Center menyediakan layanan customer service 24/7 yang siap memberikan pelayanan cepat tanggap atas permintaan pelanggan. Semua ini semata-mata demi mendukung efisiensi bisnis pelanggan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Primacom Data Center, silakan klik di sini!

Similar Posts