Lima Dampak yang Terjadi Saat Tubuh Kekurangan Cairan

#FitLifestyle

Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tetap prima saat ini menjadi prioritas utama semua orang. Salah satu bentuk pencegahan yang menjadi prosedur “new normal” adalah penggunaan masker dalam setiap aktivitas saat berada di luar rumah. Tanpa disadari, kebiasaan baru ini cenderung membuat kita lupa atau lebih jarang meminum air, padahal tubuh kita sangat membutuhkan cairan tersebut.

Source : draxe.com

Pakar endokrinologi, Zach Bush berpendapat bahwa air membantu sel dalam tubuh untuk berfungsi dengan baik dan melepaskan racun yang masuk ke dalam tubuh. “Kurangnya pasokan air dalam tubuh akan berakibat fatal bagi seluruh organ tubuh kita,” ucapnya.

Berikut ini adalah berbagai efek samping yang terjadi saat tubuh kekurangan cairan:

1. Otak

Dalam Journal of American College of Nutrition (2013) dibuktikan bahwa kekurangan cairan tubuh meski hanya dua persen saja dapat mengganggu kinerja psikomotorik dan keterampilan memori dalam otak manusia.

Menurut riset 2012 dalam Journal of Nutrition juga menyatakan dehidrasi ringan juga dapat menganggu suasana hati. Dehidrasi juga membuat kadar elektrolit tubuh terlalu rendah yang bisa mendatangkan masalah di otak. Elektrolit adalah mineral yang membantu sinyal listrik melewati sel. Saat kandungan elektrolit dalam tubuh rendah, hal ini dapat menjadi penyebab otot berkedut dan kejang.

2. Ginjal dan Sistem Urinaria

Saat tubuh kita dehidrasi, sel-sel mengirimkan sinyal ke hipotalamus yaitu bagian dari otak yang melepaskan hormon vasopresin atau hormon antidiuretik (ADH) yang dibutuhkan tubuh untuk mengendalikan organ dan sel-sel tubuh. Hormon ini mengirimkan sinyal ke ginjal sebagai filter utama untuk darah agar menghilangkan lebih sedikit air dari darah. Kurangnya asupan cairan memadai menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkan kotoran dan racun dari aliran darah.

Kekurangan air juga membuat ginjal menjadi bekerja lebih keras dan dapat menjadi penyebab mengapa ginjal bisa cedera, meningkatkan risiko penyakit ginjal, hingga memicu pembentukan batu ginjal yang mengganggu kinerja tubuh kita.

3. Aliran Darah

Saat cairan dalam tubuh berkurang, volume darah akan ikut menurun. Ahli gizi Julie Srefanski menyatakan, cairan dalam tubuh dibutuhkan untuk menyeimbangkan tekanan darah. “Jadi, dehidrasi juga bisa menyebabkan hipotensi atau tekanan darah rendah,” tambahnya.

Pada level ekstrem, dehidrasi dapat menyebabkan syok hipovolemik, yaitu kondisi saat volume darah sudah terlalu rendah dan menyebabkan turunnya tekanan darah serta jumlah oksigen dalam darah. Hal ini akan membuat jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh sehingga dapat terjadi kegagalan organ.  

4. Saluran Pencernaan

Dehidrasi dapat merusak lapisan penyusun dinding usus dan mikrobioma usus (mikroba baik yang hidup dalam usus manusia) yang penting untuk pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, kekurangan cairan dapat menjadi penyebab seseorang mengalami sembelit.

5. Kulit

Kulit adalah organ terbesar dalam sistem kekebalan tubuh. Kulit yang sehat membantu menghalangi masuknya kuman dan bakteri pada tubuh kita. Saat kita kurang minum air, kulit dapat menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini dapat mempermudah parasit penyakit masuk ke dalam tubuh kita.

Menurut para ahli dari Institute of Medicine (IOM) di Amerika Serikat, menyatakan bahwa kebutuhan cairan setiap individu berbeda-beda. Berikut rata-rata kebutuhannya per hari:

  • Pria dewasa: 13 gelas atau tiga liter
  • Wanita dewasa: 9 gelas atau dua liter lebih sedikit
  • Ibu hamil: 10 gelas atau dua liter lebih sedikit
  • Ibu menyusui: 12 gelas atau nyaris tiga liter
  • Anak dan remaja: 6 sampai 8 gelas atau hampir dua liter.

Kebutuhan air minum atau cairan perlu ditambah saat aktivitas banyak berada di luar ruangan yang terik. Atau, ketika Anda sedang berolahraga, banyak berkeringat dan berkemih, sedang demam, atau mengalami diare.

Nah, mulai sekarang harus lebih memperhatikan pola konsumsi air kita, ya untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit! Stay Hydrated, Partners!

Sumber

Kompas.com “Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kekurangan Cairan”
https://health.kompas.com/read/2020/06/30/163000468/yang-terjadi-pada-tubuh-saat-kekurangan-cairan?page=3

Kompas.com “Perlukah Minum Air Putih 3 Gelas Sehari?”
https://health.kompas.com/read/2020/01/27/072500768/perlukah-minum-air-putih-8-gelas-sehari-?page=all

Similar Posts