Primacom.com – 27/11/2020

 

 

Otot mata bekerja lebih keras dan lebih rentan lelah jika kita terlalu lama melihat gadget dan layar komputer. Namun hal ini tidak dapat dihindari karena hampir semua kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka kini berubah menjadi virtual dengan menggunakan gawai atau gadget. Aktivitas secara virtual ini dapat memicu sindrom pada mata kita yaitu, computer vision syndrome (CVS) atau dikenal juga dengan istilah visual fatigue dan digital eye strain.

 

 

Sumber: freedesignfile.com

 

 

Computer vision syndrome (CVS) adalah kondisi gangguan mata dengan rasa pegal karena penggunaan perangkat elektronik yang terlalu lama. Gejala umum dari CVS adalah mata merah, perih, pegal, kering, terasa panas, penghilatan kabur, sakit kepala, nyeri pada pundak, leher, dan punggung.  

 

 

Berikut beberapa tips yang kami rangkum dari berbagai sumber untuk menghindari computer vision syndrome:

 
1. Pengaturan pada layar komputer

Atur tingkat kecerahan layar komputer dan ukuran tulisan sesuai kenyamanan, serta atur posisi layar komputer sedemikian rupa agar kepala terasa nyaman. Agar mata tidak terlalu cepat lelah, #SahabatPrimacom dapat mengatur jarak pandang antara mata dan layar kurang lebih 50-100 centimeter (cm) saat posisi duduk tegak.

 
2. Menerapkan metode 20-20-20

Metode 20-20-20 adalah teknik untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali. Caranya adalah istirahatkan mata setelah 20 menit menatap layar dengan cara menatap objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.  

 
3. Berkedip lebih sering

Berkedip membantu melembapkan mata dan mencegah mata menjadi kering, atau #SahabatPrimacom dapat menggunakan obat tetes air mata buatan untuk membantu menjaga kelembaban mata.

 
4. Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin Mata

Perbanyak konsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk yang mengandung nutrisi vitamin A, C, E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3 yang dapat menangkal berbagai permasalahan mata.

 
5. Batasi waktu penggunaan

Membatasi waktu penggunaan gawai dan komputer dapat dilakukan secara berkala seperti selang 2 jam kemudian istirahatkan mata Anda sejenak, atau dengan melakukan teknik 20-20-20 kembali agar mata tidak cepat lelah.

 

 

Pastikan untuk selalu mengistirahatkan mata kita dan jaga keseimbangan waktu bekerja dengan beristirahat yah #SahabatPrimacom! Stay safe and keep being productive!

 

 

 

 

Sumber

Kompas.com "Terlalu Lama Menatap Layar Selama WFH dan Belajar Online, Waspada Sindrom Ini”

Alodokter.com “Penyebab Computer Vision Syndrome dan Cara Mencegahnya”

Bausch.co.id “Computer Vision Syndrome”

Siloamhospitals.com “Trik Atasi Computer Vision Syndrome Pada Anak”