Primacom.com – 11/12/2020

 

 

Pada masa “bertahan” ini, kita diperhadapkan dengan ketidakpastian. Mulai dari bayang-bayang kehilangan pekerjaan hingga bisnis morat-marit tidak dapat berjalan lagi. Kondisi ini mendorong banyak orang mencoba peruntungan dengan menjalankan usaha sampingan untuk mendapatkan pendapatan pasif sebagai penghasilan tambahan atau passive income. Dengan pemanfaatan teknologi internet dan media sosial saat ini, berikut adalah 5 ide untuk mendapatkan passive income yang dapat dilakukan #SahabatPrimacom di tengah pandemi seperti yang dilansir detikinet.com (22/6).

 

 

Source: Freepik

 

 

1. Menjadi Freelancer

Banyak sekali bidang pekerjaan yang dapat dipilih saat menjadi pekerja sambilan/lepasan. Pemilihan bidangnya tergantung pada keahlian atau keterampilan apa yang ingin kita gali/perdalam untuk kemudian bisa kita jual di pasaran. Tentunya juga menyesuaikan keahlian dengan tren kebutuhan dan keadaan saat ini, yah #SahabatPrimacom. Beberapa pekerjaan yang dapat dicoba misalnya menjadi penulis artikel lepas, copywriter, transkrip, admin media sosial, web designer, dan graphic designer. Saat ini telah banyak tersedia situs marketplace platform lokal yang menawarkan berbagai proyek freelance, seperti Freelancer Indonesia, FastWork, Sribulancer. Atau, Freelancer.com, Fiverr, Upwork, untuk freelancer luar negeri.

 
2. Menjadi Distributor atau Reseller

Kebijakan PSBB telah membuat banyak toko dan pasar tutup. Keadaan ini menciptakan peluang dari kebutuhan produsen dan pemilik produk untuk mencari pemasar. Kehadiran distributor atau reseller menjadi kian banyak diperlukan sebagai perpanjangan kaki tangan produsen dan pemilik produk untuk memasarkan produknya di pasaran. Dengan menjadi reseller atau distributor, #SahabatPrimacom tidak perlu memulai dari awal. Produknya sudah ada, cukup tinggal memasarkannya saja mulai dari penggunaan akun media sosial, aplikasi WhatsApp, hingga pemanfaatan situs marketplace. Produk yang dijual mulai dari fashion, frozen food, minuman, hingga alat kesehatan. Catatannya adalah pastikan barang dan produsen barang terpercaya dan bersertifikasi, yah!

 
3. Menulis Blog

Meski saat ini tren konten digital lebih banyak didominasi oleh video dan podcast, namun nyatanya karya tulisan di blog atau menulis sebagai blogger masih memiliki pesonanya sendiri dan masih menjanjikan sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan. Hobi menulis yang digabungkan dengan hobi lain seperti kuliner, travelling, update teknologi gawai, make up, memasak, dapat menjadi bahan atau sumber inspirasi yang baik bagi konten blog untuk mendapatkan passive income. Jika blog kita sudah banyak pengunjung, kita bisa menjual jasa iklan di blog kita, atau bahkan menulis artikel atau sekedar mengulas dan mempromosikan produk atau jasa dari pihak yang ingin mengiklankan produk atau jasanya. Ketekunan untuk secara konsisten mempublikasikan tulisan dengan materi yang menarik menjadi nilai penting yang harus diperhatikan agar pengunjung setia blog kita semakin bertambah. Tidak lupa, integrasikan promosi blog kita dengan media sosial untuk mengundang lebih banyak viewer ke blog kita.

 
4. Menjual Foto di Internet

Bagi yang mempunyai hobi fotografer pasti sangat membanggakan ketika hasil karya jepretan kita bisa dihargai dengan nilai yang sepadan dan menjadi passive income. Ada banyak situs yang bisa kita kunjungi untuk menjual hasil karya sebagai stok foto seperti Shutterstock, Flickr, Unsplash, dan lain-lain. Selain menguntungkan secara finansial, situs stock ini juga dapat menjadi wadah bagi kita untuk membagikan hasil karya kita sebagai portfolio pekerjaan.

 
5. Menjadi Guru Les Online

Tidak semua orang tua dapat mengerti semua pelajaran anak-anaknya dengan baik untuk bidang spesifik seperti Fisika, Kimia, Biologi atau Bahasa Inggris. Untuk itu, peluang menjadi guru les online saat ini semakin terbuka lebar. Ditambah lagi dengan fenomena Learn From Home yang membuat orang tua kerepotan membagi waktu dan perhatian untuk mengajarkan anak-anaknya di saat mereka sendiri juga harus Work From Home. Penawaran jasa guru les online melalui pemanfaatan media seperti Zoom, WhatsApp, Hangouts, Meet dan lainnya tentu menjadi nilai tambah yang membantu proses pengajaran les online menjadi lebih mudah dan efektif dilakukan.

 

 

Nah, #SahabatPrimacom sudah siap mencoba yang mana? Pastikan memilih yang memang dapat dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama, yah. Karena meski tampaknya mudah dan menggiurkan, passive income ini akan membutuhkan komitmen, pengaturan waktu dan tenaga ekstra yang harus disepakati dari awal. Jangan sampai malah mengganggu keseimbangan hidup dan mengacaukan pekerjaan utama saat ini. Ingat, Balance is the key! Pastikan jaringan internetmu selalu prima juga, yah #SahabatPrimacom!

 

 

 

 

Sumber Referensi:

DetikInet.com : 5 Ide Tambah Penghasilan dari Rumah Secara Online

Batam news: 5 Ide Tambah Penghasilan dari Rumah di Tengah Pandemi Corona